Cara Menghadapi Mertua Tidak Merestui

Bagaimana Cara Menghadapi Calon Mertua Yang Tidak Merestui – Bertemu dengan pria yang tepat, semua hal tentu terasa begitu indah. Apalagi saat Anda dan si dia ingin membawa hubungan ke tahap yang lebih serius. Tetapi apa jadinya saat cinta Anda pada pasangan ditentang orangtuanya?

Cara Menghadapi Mertua Tidak Merestui

Cara Menghadapi Mertua Tidak Merestui

“Tak hanya terasa tidak menyenangkan untuk Anda menghabiskan waktu bersama orang-orang seperti ini, tapi Anda pun akan merasa khawatir penolakan mereka akan memengaruhi perasaan pasangan pada Anda.

Tentu Anda tak ingin mengalami kondisi seperti itu, bukan? Oleh karena itu, sebaiknya Anda persiapkan jauh-jauh hari strategi jitu untuk menaklukkan hati calon mertua.

Mempunyai pacar yang sangat kita sayangi dan cintai memang sangat membahagiakan. Namun hubungan akan terasa lebih indah jika direstui kedua orang tua. Namun bagaimana jika hubungan kalian berdua tidak direstui orang tua? Pasti kalian akan melanjutkan hubungan kalian secara diam-diam atau istilahnya dalam bahasa ingrris disebut BackStreet. Bahkan untuk melanjutkan ke hal yang lebih serius akan terasa lebih sulit dan pastinya akan membuat kalian serba sulit untuk menyatukan cinta.

Setelah anda bisa meluluhkan hati sang kekasih selanjutnya harus bisa menaklukKan hati calon mertua agar merestui hubungan sampai ke jenjang pernikahan. Mereka akan mempertanyakan latar belakang anda, jumlah penghasilan, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Hal tersebut bisa membuat anda sedikit malas menjawabnya, karena takut jawaban anda tak sesuai yang diharapkan. Bila memang tak sesuai harapan, mereka akan menjadikan kekurangan anda sebagai alasan untuk memutuskan hubungan.

Tentu hal ini pasti tidak anda inginkan? Walau sudah beberapa kali meyakinkan tetap saja calon mertua akan bersikukuh untuk tidak merestui hubungan anda. Mungkin karena mereka tak mau anaknya terlantar nantinya.

Maka, perhatikanlah cara-cara agar anda bisa diterima sebagi menantu berikut ini

Curahkan hati anda kepada Tuhan YME
Dalam keadaan seperti ini anda harus sadar, karena tak ada orang tua yang mau melihat anaknya menderita karena menikahi orang yang tidak tepat. anda harus selalu berusaha meyakinkan dan pasrahkan kepada Tuhan.

Untuk itu anda harus selalu rajin berdoa, berikhtiar dan tawakkal dengan sungguh-sungguh.

Yakinkan bahwa cinta anda mempunyai nilai lebih daripada limpahan harta
Mungkin banyak sebab mengapa calon mertua tidak menyetujui hubungan anda, salah satunya mereka menyangka bahwa kebahagiaan terletak pada harta yang melimpah. Untuk itu anda harus bisa menepis anggapan yang keliru itu.

Anda perlu menunjukkan bahwa harta bukanlah hal terpenting dalam kebahagiaan tapi bisa juga ditentukan oleh hal lainnya, seperti : cinta, ibadah, perjuangan, hubungan yang harmonis dan lain-lain.

Tunjukkan sesuatu yang membanggakan dari diri anda
Kemungkinan lain, calon mertua merasa malu jika memiliki menantu yang derajatnya lebih rendah dibandingkan mereka. Mungkin mereka malu karena anaknya “belum laku-laku” sampai-sampai harus memilih jodoh yang lebih rendah derajatnya.

Untuk menepis pemahaman seperti itu, hendaklah anda berusaha menunjukkan bahwa anda bisa membanggakan, bukan hanya bagi orang tua, tetapi juga bagi yang lainnya.

Minta bantuan orang terdekat yang mengenal baik calon mertua
Selain itu kita juga bisa meminta bantuan saudara terdekat yang memberikan bantuannya dalam memperoleh restu calon mertua. Yakinkan kepada mereka jika anda memang mampu menjaga dan mengayomi kekasih anda, mencukupi secara finansial serta memberikan kebahagiaan jika berumah tangga.

Tunjukkan sikap tegar, jangan menampakkan rasa marah dan kecewa terhadap kedua calon mertua yang masih menolak anda. Tapi tampakkan kesabaran dalam menghadapi permasalahan ini.

Konsistenlah dalam melakukan usaha anda. Jadi calon mertua akan melihat kesungguhan dan kegigihan anda dalam mendapatkan restunya sehingga membuat hatinya luluh.

Janganlah melakukan perbuatan nekat
Seperti kawin lari misalnya, sehingga mengalihkan hak perwalian kepada KUA, karena jika itu terjadi pernikahan yang anda jalani tidak sah secara agama. Selama masih ada orang tua dan saudara laki-laki maka perwaliannya ada pada mereka, jadi tidak bisa dialihkan.

Dampaknya jika anda memaksa melakukan ini, maka akan membuat keluarga pasangan anda semakin membenci, mereka pasti mengira bahwa anda memberikan pengaruh buruk bagi putrinya. Lakukanlah hal yang menunjukkan bahwa anda baik dan paling pantas untuk putrinya.

**

Pada intinya kita harus mencari akar permasalahan dulu sebelum mencari solusinya. Masalah itu biasanya tersembunyi, tidak diungkapkan dengan kata-kata. Tetapi diungkapkan dengan perasaan.

Pandanglah permasalahan yang anda hadapi dari segi positif, yaitu dengan adanya permasalah ini anda dapat lebih berusaha lagi dalam meningkatkan kualitas diri anda sehingga membuat anda mampu menghadapi persoalan-persoalan yang berat nantinya.

sebaiknya Anda persiapkan jauh-jauh hari strategi jitu untuk menaklukkan hati calon mertua. Adapun beberapa langkah yang dapat dilakukan, di antaranya:

1. Ceritakan kepribadian Anda pada mereka

Ada pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang. Ternyata pepatah itu berlaku pula ketika Anda untuk kali pertama bertemu dengan orangtua si dia. Sebab saat seseorang masuk dalam kehidupan mereka, tentu ada keinginan untuk mengetahui kepribadian orang tersebut lebih dalam.

“Ada naluri untuk melindungi yang keluar saat ada ‘pengganggu’ yang datang pada anggota keluarga mereka,” kata Schnebly.

Tak hanya itu saja, hadirnya perasaan cemburu kerap menjadi alasan lain. “Ibunya merasa bahwa dirinya telah digantikan,” Jadi sebaiknya Anda harus menentramkan hatinya bahwa dia tetap menjadi orang nomor satu dengan meminta nasihat tentang anaknya.

Sementara pada beberapa kasus, orangtua merasa terancam saat mengetahui Anda berasal dari latar belakang yang berbeda. “Latar belakang keluarga dan agama Anda yang berbeda akan menimbulkan konflik karena takut Anda akan memengaruhi anak mereka,” ucap Allinson.

Untuk itu tanpa mengorbankan kepercayaan Anda, sebaiknya tunjukkan kepribadian terbuka untuk menghargai perbedaan.

2. Jangan mencoba jadi orang lain

Untuk terlihat hebat di hadapan mereka, tak perlu mencoba meniru sikap orang lain, tapi jadilah diri Anda sendiri. Cukup tampilkan kepribadian Anda namun tidak berlebihan.

Selain itu, Anda pun harus bersikap tak berlebihan kepada orangtua si dia. Abaikan keinginan untuk memaksa membina hubungan keluarga, sebab mereka tetap orang asing. “Pikirkan mereka sederajat, jangan menganggap mereka terlalu tinggi,” saran Schnebly. “Dengan begitu Anda lebih mudah untuk menjadi diri sendiri.”

3. Yakinkan calon mertua Anda perhatian dengan anaknya

Kendati bukan hal yang mudah untuk meyakinkan hati kedua orangtua si dia bahwa Anda begitu perhatian dengan anaknya. Anda pun harus memastikan tak akan membuat anaknya patah hati.

“Mereka tak akan percaya dengan Anda jika mereka berpikir Anda bukan sosok yang tepat untuk anaknya,”

Untuk semakin meyakinkan hati calon mertua, tunjukkan perhatian pada anak mereka, yaitu dengan memegang tangan pasangan, cium pipinya, atau ceritakan bahwa anak mereka dapat membuat Anda bahagia. Sekali mereka mengetahui Anda benar-benar mencintai anaknya, mereka akan mulai percaya pada Anda.

4. Bersikap pasrah

Jika setelah langkah-langkah di atas dilakukan, namun orangtua si dia tetap bertingkah tak menyenangkan, maka kini tibalah saatnya bagi Anda untuk menyadarinya.

“Jika Anda menolak untuk memaksakan kondisi, justru mereka akan memberikan rasa hormat yang memang pantas Anda raih,”

Pencarian artikel terkait: cara menghadapi calon mertua yang keras, cara agar calon mertua merestui, doa agar calon mertua merestui, doa agar calon mertua merestui hubungan, cara menghadapi calon mertua yang tidak setuju, cara menghadapi calon mertua yang pendiam, cara menghadapi calon mertua yang cuek, cara menghadapi calon mertua pertama kali.