Cara Mengatasi Ngantuk

Rasa kantuk sering menjadi permasalahan yang seharusnya tidak anda alami. Namun seiring dengan kegiatan hidup yang kurang sehat, maka perasaan ingin tidur tersebut akan muncul pada saat anda sedang menjalani aktifitas keseharian. Entah itu pada posisi kerja, sekolah atau sedang melakukan hal lain yang pada akhirnya menyita waktu anda untuk bermalas – malasan. Nah, bagaimana Cara Mengatasi Ngantuk? Sebenarnya tips ini sangat sederhana dan bisa dilakukan kapan saja. Yang terpenting ialah anda harus niat berubah dan memperbaiki pola hidup menjadi lebih sehat dan berjalan sebagaimana mestinya.

Cara Mengatasi Ngantuk

Cara Mengatasi Ngantuk

Ada begitu banyak sekali aktifitas yang membuat anda menjadi lebih cepat ngantuk. Seperti pekerjaan yang menyita waktu lebih banyak, serta hal lain yang menuntut otak anda untuk bekerja lebih keras. Biasanya dalam hal ini pekerjaan anda bergarak pada bidang komputer (menuntut anda untuk lebih fokus dan memusatkan pikiran pada satu arah) dan juga kegiatan lain yang membuat mata anda lebih cepat lelah. Maka dari sehabis pulang kerja pastinya tubuh akan merasa capek dan mengantuk pada saat diperjalanan. Oleh karena itu para petugas lalu lintas menghimbau agar beristirahat terlebih dahulu (Jangan menyetir kendaraan jika sedang ngantuk) sebab akan berakibat pada orang lain jika nantinya terjadi kecelakaan. Intinya ngantuk sangat bahaya jika digunakan untuk beraktifitas apalagi sedang mengendarai motor atau mobil.

Beberapa penyebab dari rasa ngantuk berlebihan bisa dilihat dari aktifitas harian anda. Seperti kurangnya gerak (olahraga), Mengkonsumsi makanan terlalu banyak (kekenyangan), fokus pada satu pekerjaan, dan juga karena kurangnya darah (anemia) yang menjadikan tubuh selalu lemas. Namun masalah ini bisa anda atasi guna melakukan pencegahan dan juga terapi untuk mengurangi perasaan ngantuk ketika beraktifitas.

1. Mengkonsumsi Kopi
Jenis minuman ini mengandung kafein yang menjadikan mata anda selalu melek. Selain itu kopi juga bisa meningkatkan konsentrasi sehingga sangat baik bagi anda yang bekerja pada perkantoran dan sejenisnya yang membutuhkan kinerja otak lebih maksimal. Selain itu kopi juga meningkatkan kinerja jantung serta mengurangi rasa ngantuk yang sering muncul secara tiba – tiba.

2. Melakukan Olahraga Ringan
Jika anda sedang dalam jam kerja, maka anda dapat melakukan cara ini dengan jalan sebentar pada tempat yang berbeda. Bisa dengan mengambil minum atau juga naik turun tangga untuk menjalankan tugas (jika tempat kerja gedung bertingkat). Intinya agar tubuh bergerak dan diusahakan juga sampai mengeluarkan keringat.

3. Mengganti Aktifitas
Terkadang dengan pekerjaan yang monoton akan membuat tubuh lebih mudah mengantuk. Caranya iaah coba ganti topik pekerjaan atau mencari sedikit hiburan sebentar dengan cara browsing di internet. Dan jika anda sedang belajar, maka ganti mata pelajaran anda dengan yang lebih ringan.

Sekian ulasan singkat tentang Cara Mengatasi Ngantuk. Semoga bisa membantu!