Cara Mengatasi Masuk Angin

Untuk Cara Mengatasi Masuk Angin biasanya kalangan masyarakat lebih identik dengan penggunaan bahan herbal yang berasal dari tumbuhan obat. Hal ini sudah dikenal dan digunakan secara turun – temurun yang melalui proses pengolahan sebagai jamu (minuman kesehatan). Nah, yang jadi pertanyaan adalah : Apa saja ramuan obat untuk masuk angin? Untuk lebih lengkapnya, berikut kami sudah merangkum beberapa resep sederhana yang mungkin saja bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan.

Cara Mengatasi Masuk Angin

Cara Mengatasi Masuk Angin

Membahas sepintas tentang masuk angin, gejala gangguan pada kesehatan ini disebabkan oleh angin yang menjadikan perut kembung, meriang, flu, sakit kepala, demam dan lain sebagainya. Meski terbilang penyakit ringan, namun anda tidak bisa menganggap remeh dan harus cepat mengambil langkah untuk pengobatan. Sebab ada beberapa kasus bahwa masuk angin juga bisa menyebabkan kematian dimana gejalanya sangat sulit dibayangkan. Jadi untuk langkah awal anda harus berkonsultasi dengan dokter atau pengobatan alternatif yang bisa anda dapat dari lingkungan sekitar.

Beberapa gejala dan ciri dari masuk angin diantaranya badan akan terasa tidak nyaman (kurang enak) atau istilah lain dikenal dengan greges, meriang, merasa kedinginan, kehilangan selera makan, tubuh merasa lemas tak bertenaga, sakit kepala dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu ciri lain yang bisa anda kenali ialah terasa sakit perut, begah (kembung), diare, sering bersendawa, demam dan sering buang angin yang aromanya sangat tidak enak. Nah, beberapa jamu alami yang bisa anda gunakan untuk mengobati masuk angin diantaranya :

1. Jahe
Rimpang yang satu ini mempunyai sifat menghangatkan sehingga secara tidak langsung akan mengurangi meriang atau gejala masuk angin pada tubuh. Jika dikonsumsi dalam skala yang tepat, maka angin dalam tubuh akan dikeluarkan dan otomatis perut kembung akan cepat sembuh. Cara penggunaan cukup dengan menyeduh jahe yang digeprek dengan air mendidih kemudian tambahkan sedikit gula. Minum secara rutin selagi hangat paling tidak 2x sehari dalam porsi 1 cangkir untuk sekali minum.

2. Kerokan
Meski terbilang sangat sederhana dan identik dengan kuno, namun kerokan masih tetap eksis hingga sekarang. Cara penerapan biasanya menggunakan bantuan uang logam untuk mengerok kulit dengan minyak tanah hingga berubah warna menjadi merah. Tapi kerokan tidak bisa anda terapkan secara rutin, sebab akan menimbulkan peradangan dan merusak sel kulit bagian luar yang terkadang juga luka.

3. Perasan Jeruk Lemon Dan Madu
Hampir sama dengan teh jahe, jeruk lemon dengan campuran madu juga bisa jadi alternatif yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masuk angin. Cara membuat cukup siapkan 1 butir jeruk lemon dan diperas kedalam gelas (ambil airnya saja). Padukan dengan 1sdm madu kemudian diseduh dengan setengah gelas air mendidih. Tunggu hingga hangat dan minum sekaligus.

Demikianlah beberapa Cara Mengatasi Masuk Angin. Semoga bermanfaat bagi anda khususnya yang membutuhkan!