Cara Mengatasi Cegukan

Bagi orang yang tidak paham, mungkin Cara Mengatasi Cegukan sangatlah sulit. Padahal jika anda tahu, Cara menghilangkan cegukan sangatlah mudah. Semua tergantung dengan kreatifitas anda dalam menghadapi masalah tersebut. Jadi cegukan bisa diakali dengan berbagai triks yang sebenarnya bisa anda lakukan dengan sederhana. Bagaimana tips mengatasi cegukan tersebut? Berikut langkah – langkah yang bisa anda terapkan jika sedang mengalami cegukan.

Cara Mengatasi Cegukan

Cara Mengatasi Cegukan

Cegukan? Apa itu? Jika dilihat secara medis, cegukan merupakan suatu bentuk gejala dimana diafragma mengalami kejang dan tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Jadi cegukan diluar kontrol manusia dan umumnya terjadi hingga bermenit – menit atau sampai berjam – jam. Cegukan yang juga dikenal dengan singultus yang terjadi saat kadar karbondioksida didalam darah mengalami pemerosotan sehingga berada pada tingkat paling rendah. Gejala ini tidak direncanakan dan bisa terjadi secara tiba – tiba.

Banyak juga orang bertanya kenapa terjadi cegukan? Sebenarnya hal ini sudah umum dan bisa disebabkan oleh beberapa hal yang anda tidak sadari. Seperti contohnya ialah mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas, Makan terlalu banyak dan tergesa – gesa, terlalu banyak udara yang ditelan, naiknya emosi, haus (kekurangan cairan), minuman dingin, dan penggunaan beberapa bumbu masakan. Nah, oleh karena itu, butuh treatmen khusus agar cegukan yang anda alami bisa segera teratasi.

Menghilangkan cegukan bisa anda lakukan dengan cara sederhana. Seperti apa saja tips dan triks untuk menghilangkan cegukan? Berikut rincian selengkapnya!

1. Perbanyak Minum Air
Dengan memperbanyak asupan air putih, maka kemungkinan cegukan yang anda alami akan hilang. Tapi jika penyebabnya bukan karena kurang cairan, maka kemungkinan anda harus menggunakan cara lain. Air berfungsi sebagai pencegah dehidrasi yang baik untuk sistem pencernaan dan metabolisme tubuh secara menyeluruh.

2. Menghisap Dan Meminum Perasan Jeruk Lemon
Jika penyebab dari cegukan adalah jenis makanan tertentu, maka lemon merupakan alternatif terbaik yang bisa anda terapkan. Meski sangat kecut, namun lemon sangat ampuh dalam menghilangkan cegukan secara alami. Pertama anda belah jadi dua kemudian hisap langsung air dari jeruk lemon tersebut. Atau bisa juga gunakan jeruk nipis sebagai pengganti.

3. Menahan Nafas
Dengan cara ini anda bisa memancing kelebihan udara yang tersimpan dalam lambung kemudian mengeluarkannya bersamaan dengan nafas yang anda tahan. Lakukan bertahap dan usahakan selama mungkin agar cegukan tidak kembali muncul. Yang terpenting adalah jangan sampai cegukan muncul pada saat menahan nafas, jika tidak maka semakin sulit untuk disembuhkan.

4. Mengunyah Gula
Sebelumnya kami juga tidak percaya bahwa gula bisa digunakan untuk mengatasi cegukan. Namun setelah dicoba, maka sungguh mengejutkan, cegukan yang seharian mengganggu dengan mudah dihilangkan. Untuk cara menggunakannya ialah dengan menyiapkan 1 sdm gula pasir kemudian taruh dalam mulut. Diamkan hingga larut dengan sendirinya (menjadi air). Telan air gula secara perlahan.

Demikianlah ulasan singkat tentang Cara Mengatasi Cegukan. Semoga bisa membantu!